Galery Foto

Loading...

Pengikut

Loading...

Selasa, Juni 01, 2010

Pinjaman Modal Usaha Tanpa Agunan, SPP Mertelu disalurkan

Pinjaman Modal Usaha Tanpa Agunan, SPP Mertelu disalurkan. Sampai saat ini banyak pengertian masyarakat adalah pinjaman usaha selalu menggunanakan agunan/jaminan. Misalnya saja dengan Agunan / jaminan BPKB, Sertifikat, slip gaji dan lain sebaginya. Namun ada satu program kegiatan PNPM yang memberikan Pinjaman Modal Usaha tanpa Agunan yang disebut Hal penting yang harus disiapkan sebagai syarat pengajuan adalah dengan terbentuknya sebuah kelompok perempuan minimal telah berjalan satu tahun dan dengan adanya kegiatan keompok yang rutin dilakukan serta syarat lain yang telah ditentukan. Usulan PSPP (Simpan Pinjam untuk Perempuan).injaman Modal Usaha tersebut selanjutnya akan diusulkan pada musyawarah desa dalam bentuk usulan Simpan Pinjam untuk Perempuan.

Bila dikemudian hari usulan tersebut disetujui oleh Tim Verifikasi dan layak didanai maka usulan tersebut akan didanai oleh Program / PNPM.

****

Berikut ini informasi tentang penyaluran dana SPP PNPM di Desa Mertelu Kecamatan Gedangsari.

Dalam penyaluran dana SPP yang dilakukan pada hari selasa 25 mei 2010 hadir dari kelompok SPP kelompok PKK Krinjing yang diketuai oleh ibu Sukemi serta 10 orang anggota peminjam. Hadir pula TPK selaku pengelola kegiatan serta ketua UPK Sarimulyo kecamatan Gedangsari Susilo Parwoto, SE. Pada kesempatan tersebut selaku ketua UPK beliau menyampaikan beberapa hal terkait SPP. Simpan pinjam bersifat tanggung renteng dan angsuran perbulan harus lancar, sehingga kedepan kelompok dapat mengajukan dana pinjaman lagi dengan baik dan dengan jumlah yang lebih besar, demikan Ungkap ketua UPK Susilo P, SE.

Sebelumnya Ketua TPK Wijiyono menyampikan pesan kepada semua peminjam agar dana dapat digunakan untuk menambah modal dan mengembangkan usahanya dengan baik sehingga dapat melakukan angsuran dengan lancar.

Penyaluran dana SPP yang dilakukan pada hari tersebut sebesar 20 Juta untuk 1 kelompok dengan pijnaman masing-masing per anggota rata-rata 2 juta rupiah.

Oleh Admin

11 komentar

Anonim

Bagaimana cara pengajuan pinjaman tanpa jaminan pnpm SPP simpan pinjam dan perempuan , karena tempat saya sampai sekarang belum ada dana pnpm yang masuk kecuali untuk pembangunan jalan.

Anonim

Bagaimana cara penghitungan pengembalian dana yang di pinjam oleh anggota kelompoktersebut?

PNPM Jogja Admin Sabtu, Oktober 30, 2010 3:33:00 PM

@ Anonim 2: Terima kasih untuk kunjungan anda. Analisa pengembalian adalah pokok pinjaman ditambah bunga kemudia dibagi lama pinjaman. Untuk jelasnya silahkan download contoh analisa SPP berikut ini

bobby lung Selasa, Januari 25, 2011 6:34:00 PM

berapa besar bunga untuk pinjaman, untuk pinjaman d PNPM MANDIRI ini ???????
tolong infonya yang lengkap & dengn persyartannya apa saja

Trimakasih sebelumnya untuk infonya.......

Admin Selasa, Januari 25, 2011 6:47:00 PM

@bobylung : untuk bunga pinjaman modal tiap UPK (Unit Pengelola kegaiatan) berbeda. 20% perttahun sitem bunga tunggal/flat. Untuk syarat harus memalui sebuah kelompok kegiatan yang berangotakan perempuan.

Immer Selasa, Maret 01, 2011 8:29:00 AM

Ini Daerah mana yah?

Anonim

kalo untuk pemohon perorangan bs tdk ya? untuk wilayah kalasan PNPM Mandiri ada dmna ?
Terima Kasih

Anonim

d

ADMIN Selasa, Maret 08, 2011 5:03:00 AM

Untuk perorangan belum bisa.
UPK PNPM berpusat di wilayah kecamatan.
Coba bertanya di kecamatan anda bertempat tinggal.

Rie_Web Selasa, Maret 08, 2011 7:05:00 AM

20%... WAWWW... Kalo gag Salah Kepanjangan dari Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat Mandiri, kalo Usaha Kecil Menengah di cekik dengan bunga segitu tinggi ?? kapan bisa mandirinya bozz..??
Untungnya cuman buat bikin kaya pengelola doank..!!
Kalo boleh tau, Juknis Prosentase secara nasionalnya / Keputusan Mentrinya ada gag??
jadi curiga neeh..??!!

ADMIN Rabu, Maret 09, 2011 2:33:00 AM

@Rie_Web :
20% bunga flat pertahun (tunggal) dari 20 $ da IPTW (Intensif pengembalian tepat waktu).
Hasil bunga tidak sepenuhnya diambil oleh pengelola, namun memalui Musyarawah Antar Desa dibuat rancangan hasil bunga. salah satunya untuk pengembangan kelompok, beasiswa yang intinya dikembalikan lagi ke masyarakat.

Poskan Komentar

Silahkan Kirim Komentar Anda